Skip to content

Layanan Quad Play

July 15, 2008

Quad play merupakan pengembangan dari triple play. Triple play sendiri merupakan konvergensi dari voice, video, dan data. Telepon seluler memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan dunia telekomunikasi sehingga triple play pada akhirnya harus dapat diakses melalui sebuah handheld. Teknologi ini disebut sebagai layanan quad play. Oleh karena itu, quad play dapat didefinisikan sebagai konvergensi layanan voice, video, dan data yang dapat diakses bersama dengan layanan mobile lainnya, dengan kata lain mobilitas merupakan kunci utama pada quad play.

Setiap orang memiliki keinginan akan kebebasan dan mobilitas. Quad play dapat menjamin kedua keinginan tersebut dengan cara menyediakan layanan yang bersifat anytime, anywhere, dan on demand.

Jika dilihat dari sisi provider, quad play merupakan sebuah kesempatan emas yang harus dimanfaatkan karena dengan memberikan layanan tanpa batas, provider memberikan alasan kepada subscriber untuk tidak berpindah ke provider lain. Adapun beberapa faktor yang harus dipertimbangkan oleh provider dalam memberikan layanan quad play antara lain:

  • Jenis, manajemen, dan distribusi content
  • Kualitas operasi yang bagus serta adanya customer support
  • Arsitektur FMC yang dapat kompatibel dengan berbagai evolusi teknologi

Untuk mendukung layanan quad play, sistem ataupun jaringan yang digunakan harus dapat memenuhi kapasitas yang tidak tentu, fleksibilitas, dan skalabilitas. Hal ini dibutuhkan untuk menjamin QoS dari layanan quad play tersebut.

Hal penting yang mempengaruhi sukses atau tidaknya layanan quad play ditawarkan adalah interaktivitas. User diberi hak untuk mengontrol content dan servis yang diinginkan (preferensi personal). Sasaran akhir yang ingin dicapai quad play secara umum dapat dilihat pada Gambar 1.

Berikut merupakan beberapa faktor penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan layanan quad play.

· Anywhere

Konsep anywhere pada layanan quad play mempunyai pengertian dimana subscriber dapat mengakses content ataupun layanan dimana saja. Sebagai contoh, user dapat terhubung dengan content dari digital video recorder (DVR), PC, ataupun TV dari mana saja. Selain itu semua layanan tersebut harus dapat diakses melalui divais apapun.

· Anytime

Pengertian dari anytime disini berarti akses dapat dilakukan kapan saja pada waktu yang diinginkan oleh user dan akses tersebut harus bersifat real time.

· Personal Preference

Fitur ini memungkinkan user membuat pengaturan sesuai dengan keinginannya, seperti pengaturan prioritas panggilan, akses pada direktori pribadi, mengatur list kontak, speed dial, dan lain sebagainya. Hal ini diilustrasikan pada Gambar 2.

Gambar 1. Sasaran akhir yang ingin dicapai pada layanan quad play

Gambar 2. Interaksi antara content dan devices

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: