Skip to content

Mitos: Asal Usul nama “MINANGKABAU”

June 26, 2008

“Minangkabau” terdiri dari dua kata, “Minang” dan “kabau”. “Minang” berarti menang atau besi, dan “kabau” berarti kerbau. Sebuah legenda bercerita mengenai asal usul penamaan ini. Konon dahulu seorang penguasa dari jawa berusaha untuk menaklukan melayu. Rakyat minangkabau berusaha menghindari peperangan dan mengajukan sebuah pertandingan adu kerbau sebagai gantinya. Penguasa dari pulau jawa tersebut menggunakan seekor kerbau besar dan ganas yang susah dicari tandingannya. Cerdik pandai berkumpul, berembuk, memutar otak untuk mencari lawan yang sepadan buat si kerbau. Didapatlah ide untuk untuk menggunakan anak kerbau yang masi menyusu. Akan tetapi anak kerbau tersebut dipisahkan dari induknya sehingga kelaparan. Sebelumnya pada anak kerbau tersebut dipasangkan tanduk buatan dari besi yang ditajamkan. Alhasil si anak kerbau tersebut sewaktu dilepaskan di pertandingan, langsung menyeruduk ke bawah kerbau lawan dengan maksud untuk menyusu, hasilnya tanduk besi tersebut merobek-robek perut si kerbau besar dan robohlah kerbau itu. rakyat setempat berjaya dalam perebutan tanah tanpa adanya peperangan.

7 Comments leave one →
  1. August 27, 2008 1:42 pm

    Saya asli Padang, hanya saja waktu SD kelas 5, pindah ke Cirebon. Saya pengen banget membaca cerita-cerita dari minangkabau. Kangen…………! Gak apa-apa, ya kalau cerita ini, saya taruh di blog saya. Gak apa-apa, kan? Trims. Assalammu’alaikum wr.wb.

  2. EFITA permalink
    December 10, 2008 11:06 am

    PARENT SAYA,ORANG BUKIT TINGGI…TP DHLAMAMENETAP DIMALAYSIA.SAYA SELALU BALIK KE KAMPUNG..SEBAB ITU SAYA NK TAU SEDIKIT SEBANYAK MENGENAI MINANGKABAU

  3. zarina permalink
    April 10, 2010 5:31 pm

    assalamualaikum…….ibu ngan ayah rin owg minang…
    tapi rin lahir kat malaysia

  4. Geneo yonekha permalink
    August 24, 2010 6:44 am

    Itulah cerdikx orang minangkabau, . . . .

  5. dewa permalink
    September 30, 2010 7:50 pm

    licik itu namanya….

  6. ahmad permalink
    October 11, 2010 9:28 pm

    Saya ini berasal turun temurun dari kota raja, padang. Saya ini ingin tahu serba sedikit tempat yang bernama kota raja sekarang masih ada lagikah nama tempat itu.
    Generasi saya masih lagi tidak boleh memakan daging kerbau balau yang menjadi pantang larang pada moyang kami.
    Ceritanya kerana sumpah akan peristiwa kemenangan perlawanan kerbau tersebut. Tapi saya tidak berapa pasti juga. Sebab ini cerita moyang saya kepada bapa saya.
    Tapi kalau makan daging kerbau tersebut pasti kena alahan pada badan…. okey

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: